Minggu, 12 Mei 2013

M V C


Apa MVC itu ??
MVC atau Model-View-Controller adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data(Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Pengertian MVC tadi adalah kutipan dari Wikipedia, digambarkan seperti ini :






Pengertian Model View dan Controller sendiri adalah

-      -   Model adalah komponen yang berfungsi mengambil data dari database/sumber data. Fungsi yang terdapat dalam Model akan dipanggil oleh Controller.
-    -  View adalah komponen yang berfungsi menyajikan tampilan kepada user. View menampilkan data yang diperoleh Controller.
-      -     Controller adalah komponen yang berfungsi untuk memanggil fungsi yang ada di dalam Model dan mengirim hasilnya melalui View, Controller juga berfungsi mengambil input dari user yang selanjutnya akan diolah oleh Model.

Tujuan penggunaan MVC dalam pemrograman adalah untuk mengelompokkan fungsi-fungsi yang ada dan berserakan tidak jelas menjadi sebuah kesatuan sesuai dengan tipenya masing-masing. Misalnya fungsi-fungsi yang digunakan untuk mengakses database disatukan dalam satu tempat, kemudian fungsi untuk menampilkan tampilan atau view ada dalam satu tempat yang lain.

Dengan terpisahnya antara fungsi logika program serta tampilan dari program, maka akan memudahkan proses pembuatan program Khususnya ketika kita harus bekerja dalam sebuah team. Masing-masing anggota team bisa mengerjakan pekerjaannya sendiri. Misalnya dalam satu team itu ada 3 orang atau 4 orang, satu orang di bagian mode, satu atau dua orang bagian view dan satu orang lagi controller, kerjaan yang dikerjakan akan lebih fokus.

Jadi seperti itulah MVC jika dijelaskan secara singkat, maaf kalau ada salah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar