.
Komponen GUI pada AWT
1.
1. Window
Classes Fundamental
Dalam mengembangkan aplikasi GUI, komponen GUI seperti tombol
atau textField diletakkan dalam kontainer. Berikut adalah daftar dari beberapa
class penting pada kontainer telah disediakan oleh AWT.
1.
Komponen : Abstract
Class untuk object
yang dapat ditampilkan
pada console dan berinteraksi dengang user. Bagian utama
dari semua class AWT.
2.
Kontainer :
Abstract Subclass dari
Component Class. Sebuah
komponen yang dapat menampung komponen yang lainnya.
3.
Panel :
Turunan dari Container
Class. Sebuah frame
atau window tanpa
titlebar, menubar tidak termasuk border. Superclass dari applet class.
4.
Window :
Turunan dari Container
class. Top level
window, dimana berarti
tidak bis dimasukkan dalam object
yang lainnya.Tidak memiliki border dan menubar.
5.
Frame :
Turunan dari window
class. Window dengan
judul, menubar, border
dan pengatur ukuran di
pojok. Memiliki empat
constructor , dua
diantaranya memiliki penulisan seperti dibawah ini :
Frame()
Frame(String
title)
Untuk mengatur ukuran window, menggunakan
method setSize.
void setSize(int width, int height)
mengubah ukuran komponen ini dengan width dan
height sebagai parameter.
void setSize(Dimension d)
mengubah ukuran dengan d.width dan d.height
berdasar pada spesifikasi Dimension d.
Default dari window adalah not visible atau
tak tampak hingga Anda mengatur visibility
menjadi true. Inilah syntax untuk method
setVisible.
void
setVisible(boolean b)
Dalam mendesain
aplikasi GUI, Object
Frame selalu digunakan.
Dibawah ini adalah contoh
bagaimana membuat sebuah aplikasi.
import java.awt.*;
public class SampleFrame extends
Frame {
public static void main(String args[]) {
SampleFrame sf = new SampleFrame();
sf.setSize(100, 100); //Coba hilangkan baris ini
sf.setVisible(true); //Coba hilangkan baris ini
}
}
2. Grafik
Beberapa method
grafik ditemukan dalam
class Graphic. Dibawah
ini adalah daftar
dari beberapa method.
drawLine() drawPolyline() setColor()
fillRect() drawPolygon()
getFont()
drawRect()
fillPolygon()
setFont()
clearRect() getColor() drawString()
Hubungan
dari class ini adalah class Color, dimana memiliki tiga constructor.
Format
Constructor
Color(int
r, int g, int b) : Nilai integer 0 - 255.
Color(float
r, float g, float b) : Nilai float 0.0 - 1.0
Color(int rgbValue) :
Panjang nilai : 0 ke 224 -1 (hitam putih).
Red: bits 16-23
Green: bits 8-15
Blue: bits 0-7
Dibawah ini
adalah contoh program
yang menggunakan beberapa
method di dalam
class
Graphic.
import java.awt.*;
public class GraphicPanel extends
Panel {
GraphicPanel() {
setBackground(Color.black); //Konstanta dalam class Color
}
public void paint(Graphics g) {
g.setColor(new Color(0,255,0)); //hijau
g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16));
g.drawString("Hello GUI
World!", 30, 100);
g.setColor(new Color(1.0f,0,0)); //red
g.fillRect(30, 100, 150, 10);
}
public static void main(String args[]) {
Frame f = new Frame("Testing
Graphics Panel");
GraphicPanel gp = new GraphicPanel();
f.add(gp);
f.setSize(600, 300);
f.setVisible(true);
}
}
Agar panel dapat terlihat atau visible, dia
harus diletakkan didalam window yang dapat terlihat seperti sebuah frame.
SUMBER : J.E.N.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar