pada gambar kucing ini , kita akan menggunakan salah satu method grafik yaitu setPolygon, yang digunakan untuk membuat segitiga (kuping).
berikut source codenya :
import java.awt.*;
/**
*
* @author elvera
*/
public class Kucing extends Panel{ //
Kucing(){
setBackground (new Color(230,115, 0));//mengeset / menentukan warna background
}
public void paint(Graphics p){
//membuat kepala
p.setColor(Color.BLACK);
p.fillOval(150, 35, 250, 180 );
//membuat mata
p.setColor(Color.WHITE);
p.fillOval(220, 90 , 30, 40);
p.fillOval(290, 90 , 30, 40);
//membuat bola mata
p.setColor(Color.BLACK);//mengeset warna / menentukan warna (hitam)
//mewarnai oval
p.fillOval(222, 95 , 20, 20);//(koordinat x, y dan besar oval)
p.fillOval(287, 95, 20, 20);
//membuat kuping1
int[] x = {180, 195, 220};//koordinat x
int[] y = {67, 7, 45};//koordinat y
p.fillPolygon(x, y, 3);//fill dari koordinat x,y dan 3 titik
p.drawPolygon(x, y, 3);//menggambar garis(polygon)
//membuat kuping2
int[] x1 = {320, 335, 360};
int[] y1 = {45, 7, 67};
p.drawPolygon(x1, y1, 3);//menggambar garis(polygon)
p.fillPolygon(x1, y1, 3);//fill dari koordinat x,y dan 3 titik
//membuat senyum(mulut)
p.setColor(Color.WHITE);
p.drawArc(215, 150, 50 , 30, 0, -180);//(x, y, panjang & besar lengkung, lengkung ke bawah )
p.drawArc(265, 150, 50 , 30, 0, -180);//(x, y, panjang & besar lengkung, lengkung ke bawah )
//membuat kumis1
p.setColor(Color.white);
p.drawArc(100, 110, 70, 30, -180, -180);
p.drawArc(97, 120, 70, 30, -180, -180);
p.drawArc(94, 130, 70, 30, -180, -180);//(x, y, panjang & besar lengkung, lengkung ke bawah )
//membuat kumis2
p.setColor(Color.white);
p.drawArc(380, 110, 70, 30, -180, -180);
p.drawArc(377, 120, 70, 30, -180, -180);
p.drawArc(374, 130, 70, 30, -180, -180);
//memnuat oval Putih
p.setColor(Color.WHITE);//mengatur warna
p.fillOval(30, 10, 100, 80 );
p.setColor(Color.BLACK);
p.setFont(new Font ("Kristen ITC", Font.BOLD,12));//mengeset font(nama font, ketebalan, font size)
p.drawString("Elvera", 50, 40);//membuat tulisan (x, y)
p.drawString("XIIRPL4", 60, 60);//membuat tulisan (x, y)
//membuat polygon putih
p.setColor(Color.WHITE);
int[] x2 = {100, 90, 150};
int[] y2 = {70, 80, 100};
p.drawPolygon(x2, y2, 3);//menggambar garis(polygon)
p.fillPolygon(x2, y2, 3);
}
public static void main(String[] args) {
Frame f = new Frame("Kucing");//instansiasi frame / memberi nama pada frame dengan nama Kucing
Kucing p= new Kucing();
f.add(p);//mengisi frame dengan p (Graphic p)
f.setSize(500, 300);//size dari frame
f.setVisible(true);//menampilkan frame
}
}
Dan jika di Run hasilnya akan seperti ini
program :
Download DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar