Jumat, 19 Oktober 2012

Contoh Program AWT2

Di contoh program AWT yang kedua ini, saya akan membuat gambar kucing. seperti yang dibawah ini.


pada gambar kucing ini , kita akan menggunakan salah satu method grafik yaitu setPolygon, yang digunakan untuk membuat segitiga (kuping).



berikut source codenya :

import java.awt.*;

/**
 *
 * @author elvera
 */
public class Kucing extends Panel{ //
    
    Kucing(){
        
        setBackground (new Color(230,115, 0));//mengeset / menentukan warna background
                
    }  
  
    public void paint(Graphics p){
        //membuat kepala
        p.setColor(Color.BLACK);
        p.fillOval(150, 35,  250, 180 );
        //membuat mata
        p.setColor(Color.WHITE);
        p.fillOval(220, 90 , 30, 40);
        p.fillOval(290, 90 , 30, 40);
        //membuat bola mata
        p.setColor(Color.BLACK);//mengeset warna / menentukan warna (hitam)
        //mewarnai oval
        p.fillOval(222, 95 , 20, 20);//(koordinat x, y dan besar oval)
        p.fillOval(287, 95, 20, 20);
        
        //membuat kuping1 
        int[] x = {180, 195, 220};//koordinat x
        int[] y = {67, 7, 45};//koordinat y
        p.fillPolygon(x, y, 3);//fill dari koordinat x,y dan 3 titik
        p.drawPolygon(x, y, 3);//menggambar garis(polygon)
        
        //membuat kuping2
        int[] x1 = {320, 335, 360};
        int[] y1 = {45, 7, 67};
        p.drawPolygon(x1, y1, 3);//menggambar garis(polygon)
        p.fillPolygon(x1, y1, 3);//fill dari koordinat x,y dan 3 titik
        
        //membuat senyum(mulut)   
        p.setColor(Color.WHITE);
        p.drawArc(215, 150, 50 , 30, 0, -180);//(x, y, panjang & besar lengkung, lengkung ke bawah )
        p.drawArc(265, 150, 50 , 30, 0, -180);//(x, y, panjang & besar lengkung, lengkung ke bawah )
        
        //membuat kumis1
        p.setColor(Color.white);
        
        p.drawArc(100, 110, 70, 30, -180, -180);
        p.drawArc(97, 120, 70, 30, -180, -180);
        p.drawArc(94, 130, 70, 30, -180, -180);//(x, y, panjang & besar lengkung, lengkung ke bawah )
        
        //membuat kumis2
        p.setColor(Color.white);
        p.drawArc(380, 110, 70, 30, -180, -180);
        p.drawArc(377, 120, 70, 30, -180, -180);
        p.drawArc(374, 130, 70, 30, -180, -180);
        //memnuat oval Putih
        p.setColor(Color.WHITE);//mengatur warna
        p.fillOval(30, 10,  100, 80 );
        
        p.setColor(Color.BLACK);
        p.setFont(new Font ("Kristen ITC", Font.BOLD,12));//mengeset font(nama font, ketebalan, font size)
        p.drawString("Elvera", 50, 40);//membuat tulisan (x, y)
        p.drawString("XIIRPL4", 60, 60);//membuat tulisan (x, y)
        
        //membuat polygon putih
        p.setColor(Color.WHITE);
        int[] x2 = {100, 90, 150};
        int[] y2 = {70, 80, 100};
        p.drawPolygon(x2, y2, 3);//menggambar garis(polygon)
        p.fillPolygon(x2, y2, 3);
        
    }
    public static void main(String[] args) {
    
    Frame f = new Frame("Kucing");//instansiasi frame / memberi nama pada frame dengan nama Kucing
    Kucing p= new Kucing();
    f.add(p);//mengisi frame dengan p (Graphic p)
    f.setSize(500, 300);//size dari frame
    f.setVisible(true);//menampilkan frame
    
    
     }

    
}

Dan jika di Run hasilnya akan seperti ini



program :

Download DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar